Facebook Twitter Google RSS

Rabu, 23 April 2014

5 Fakta Unik Rumah Limas yang ada di Uang Rp 10.000,-

Unknown     09.14  






Endroen : Mungkin selama ini kita tidak pernah mengamati walaupun kita gunakan tiap hari.Cobalah buka uang kertas Rp 10 ribu, terlihat gambar Rumah Limas yang aslinya memang ada di Museum Balaputera Dewa, Palembang. Berikut 5 fakta menarik tentang Rumah Limas, yang mungkin belum pernah Anda dengar.

Museum Balaputera Dewa terletak di Jl Srijaya Negara I No 288, Palembang. Dengan tiket masuk tak lebih dari Rp 5 ribu, Anda bisa masuk ke dalam museumnya dan melihat Rumah Limas di bagian paling belakang. Coba tarik satu garis lurus, pemandangan Rumah Limas di sana memang benar-benar mirip dengan yang ada di gambar uang Rp 10 ribu.

Berikut 5 fakta tentang Rumah Limas:



1. Umurnya 300 tahun

Rumah Limas di Museum Balaputera Dewa jadi yang paling bersejarah di Palembang. Rumah ini usianya sudah mencapai 300 tahun dan masih terawat dengan baik hingga sekarang.

"Dulunya rumah ini digunakan oleh Sultan Batun, umurnya sudah 300 tahun. Rumah Limas inilah yang ada digambar uang Rp 10 ribu itu," kata pemandu setempat, Khotman Ghani kepada detikTravel di Museum Balaputradewa beberapa waktu lalu.



2. Yang masih asli hanya ada di Museum Balaputera Dewa

Anda mungkin menemukan Rumah Limas lainnya selain di Museum Balaputera Dewa saat melancong ke Sumatera Selatan. Tapi asal tahu saja, Rumah Limas yang masih terjaga keasliannya hanya ada di museum tersebut. Hanya saja, beberapa isi bagian rumahnya sudah dipindahkan ke TMII.
"Keasliannya masih terjaga dan hanya sedikit saja yang direnovasi. Selain di sini, memang masih ada b" imageanchor="1"eberapa rumah limas, tapi ya kebanyakan sudah dimodifikasi," ungkap Khotman.



3. Punya tiga fungsi

"Pertama untuk menghindari banjir, lalu juga untuk menghindari serangan binatang buas. Terakhir, biasanya dibagian bawah Rumah Limas dilangsungkan kegiatan membuat makanan," tutur Khotman.
Kalau diperhatikan, Rumah Limas memang bertipe rumah panggung. Ketiga fungsinya bertujuan untuk memberikan rasa nyaman dan aman para penghuni di dalamnya.



4. Bagian dalam yang bertingkat, tapi bukan menandakan kasta

Bagian dalam Rumah Limas terdiri dari tiga tingkat. Namun, hal itu bukan menandakan suatu kasta tertentu. Khotman pun menjelaskan fakta yang menarik tentang hal ini.
"Rumah Limas memang bertingkat-tingkat. Tapi itu bukan untuk menentukan kasta, melainkan biasanya yang di bawah itu letaknya untuk anak muda dan di atas orang tua. Biasanya kan anak muda kalau ngumpul-ngumpul begitu suka berisik," tutur Khotman menjelaskan.



5. Pernah didatangi Ratu Beatrix dan Pangeran Willem

Keunikan Rumah Limas ternyata mencuri perhatian turis mancanegara. Buktinya, beberapa tamu kehormatan negara pernah datang ke rumah ini seperti Ratu Beatrix dan anaknya yang bernama Pangeran Willem.
"Bangku di dalam ruang tamu Rumah Limas ini pernah diduduki oleh Ratu Beatrix dari Belanda dan Pangeran Willem. Kalau tidak salah sekitar tahun 1993," kata Khotman.





Source : http://travel.detik.com

Terbaru

Sehat

Cinta

Seks

About Us

EnDroen.blogspot.com merupakan situs Berita Dunia dan Info Menarik seputar Gaya Hidup, Unik, Aneh, Teknologi, Sejarah, Dunia Hiburan Serta Hal hal yang berbau misteri yang misterius.

Disclaimer

Semua Grafis di blog ini bukanlah milik kita atau gambar apapun bukan dibawah Hak Cipta kami, Semua grafis diambil dari sumber yang berbeda. Jika ada Gambar / artikel yang menyinggung atau di bawah Hak Cipta Anda maka silakan E-mail kami untuk Kita Hapus

Total Tayang

© 2014 enDroen. Published By Gooyaabi Templates by Bloggertheme9
Proudly Powered by Blogger.